Manfaat, Niat, dan Tata Cara Sholat Dhuha Secara Lengkap

Manfaat, Niat, dan Tata Cara Sholat Dhuha Secara Lengkap | Pada kesempatan sekarang ini, kami ingin mencoba memberikan penjelasan mengenai sholat dhuha kepada anda-anda semuanya. Dimana pengertian sholat dhuha adalah sholat sunnah yg dikerjakan umat muslim pada saat waktu dhuha, waktu sholat dhuha sendiri adalah pada saat matahari sudah naik sekitar pukup tujuh pagi sampai dengan waktu dzuhur.

Adapun untuk jumlah rakaat sholat dhuha itu sendiri adalah 2 rakaat dan jumlah rakaat maksimal sholat dhuha adalah 12 rakaat yg dikerjakan dengan sekali salam pada dua rakaat. Sebuah hadits yg berbunyi :"Barang siapa sholat dhuha 12 rakaat, Allah SWT akan membuatkan utknya istana di Surga." (HR. Tirmidzi dan Abu Majah)

Selain itu, terdapat pula sebuah hadits riwayat yang bunyinya :"Siapapun yg melaksanakan shalah dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah SWT. sekalipun dosa tersebut sebanyak buih di lautan." (HR. Tirmidzi) Sebuah hadits dari Ummu Hani, "Rasulullah SAW shalat dhuha delapan rakaat dan bersalam tiap dua rakaat." (HR. Abu Daud)

Dan bagi anda yang sekiranya belum mengetahui tata cara sholat dhuha itu sendiri, maka anda dapat melihat cara mengerjakan sholat dhuha yang akan kami sajikan hari ini lengkap bersama dengan bacaan niat sholat dhuha. Selain itu, kami juga akan turut memberikan manfaat sholat dhuha itu sendiri, sehingga bagi anda yang sekiranya belum mengetahui akan hal tersebut. Maka anda akan dpt mengetahuinya secara lengkap.

Bacaan Niat Sholat Dhuha Arab, Latin, dan Artinya

bacaan niat sholat dhuha

Tata Cara Sholat Dhuha Secara Lengkap

Pertama - tama membaca niat sholat dhuha seperti bacaan niat sholat yg telah kami sajikan diatas, kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan membaca suratan - suratan pendek. Untuk suratan pendek yang disunnahkan untuk dibaca pada rakaat pertama diantaranya adalah surat Asy Syams dan surat Al Kafirun. Berikutnya kita mengerjakan rukuk, i'tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, dan kembali melakukan sujud.

Kemudian kita bangkit untuk mengerjakan rakaat yang kedua, lalu membaca kembali surat Al Fatihah dan suratan pendek yang anda hafal. Untuk suratan pendek pada rakaat kedua yang disunnahkan untuk dibaca diantaranya adalah surat Ad Duha dan surat Al Ikhlas, kemudian kita kembali mengerjakan rukuk sampai kita mengerjakan sujud setelah duduk diantara dua sujud, kemudian dilanjutkan membaca doa tahiyat akhir kemudian melakukan salam dua kali.

Apakah Manfaat Sholat Dhuha


  • Dapat melapangkan dada bagi yg mengerjakannya dalam segala hal, terutama untuk permasalahan rezeki. Karena banyak orang yg mengerjakan sholat dhuha untuk memohon diperlancarkan rezekinya.
  • Untuk manfaat sholat dhuha bagi kesehatan ialah dpt memperkuat otot tendo, sendi, dan juga memiliki efek yg luar biasa terhadap sistem kardiovaskular.
  • Mengerjakan sholat dhuha juga dapat menangkal stress yg muncul didalam kegiatan sehari-hari kita.


Sekiranya cukup sekian saja dulu untuk penjelasan mengenai Manfaat, Niat, dan Tata Cara Sholat Dhuha yg hari ini kami dapat sajikan kepada anda, bagi anda yang sekiranya merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi tentang agama islam. Maka tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali melihat - lihat beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah kami sajikan sebelumnya untuk anda-anda sekalian.

Baca Juga : Kumpulan Doa Selamat Dunia Akhirat

Siapa tahu saja dengan anda mencoba utk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah kami sajikan sebelumnya itu, anda akan dapat menemukan pembahasan yg sesuai dengan yg sedang dicari oleh anda.
Tag : Doa
0 Komentar untuk "Manfaat, Niat, dan Tata Cara Sholat Dhuha Secara Lengkap"

Back To Top